Mendidik Generasi Net

 


PENGGUNAAN SEBUAH HANDPHONE

Oleh Totok Victor Didik Saputro
Mahasiswa S1 Pendidikan Matematika

Handphone merupakan salah satu alat komunikasi yang sering digunakan manusia. Alat komunikasi ini membantu manusia menjalankan sebagian dari hidupnya. Ketergantungan ini menimbulkan dampak tersendiri bagi kelangsungan hidup. Mulai dari dampak yang positif hingga dampak yang negatif. Dampak yang positif membantu kelangsungan hidup menjadi lebih baik, sedangkan dampak yang negatif dapat mengurangi kelayakan dalam menjalani hidup di dunia ini. Mengenal dan memahami kegunaan handphone lebih dalam menjadi bekal untuk tercapainya kelangsungan hidup yang lebih baik dan terarah. Hal ini dapat mengurangi bahkan menghilangkan kebiasaan penggunaan handphone yang negatif.

Memudahkan Interaksi
Dalam kehidupan sehari-hari, tidak dapat dipungkiri pemakaian handphone oleh sebagian dari kita. Handphone sangat membantu kita dalam menyelesaikan beberapa tugas, terutama yang berkaitan dengan komunikasi, mulai dari tugas pribadi hingga tugas yang harus diselesaikan dalam kelompok. Penggunaan handphone memudahkan interaksi individu dengan individu bahkan individu dengan kelompok. Hal ini dapat menyebabkan jalinan hubungan yang lebih erat antar individu. Di sisi lain, sebagian besar individu menggunakan handphone tidak sesuai dengan fungsinya. Fungsi komunikasi yang merupakan salah satu fungsi dari handphone kita terkadang menyalahgunakannya.
            Tingkat kecanggihan handphone dimanfaatkan untuk melakukan tindakan yang tidak terpuji. Contohnya, dengan menggunakan aplikasi pesan singkat individu tertentu dapat mengirimkan pemberitahuan yang mengatasnamakan pihak tertentu. Dalam pemberitahuan ini bisa saja pihak tertentu tidak mengetahui maksud dari isi pesan singkat tersebut, sehingga dirugikan dalam kasus ini.  Contoh lainnya dalam memanfaatkan akses internet pada handphone. Jangkauan dari internet sangat luas. Isi yang termuat pun beragam. Beberapa individu tertentu memanfaatkan internet untuk mengakses situs pornografi.
Pengaksesan ini memiliki dampak yang positif dan negatif pula. Dampak yang positif muncul apabila individu tertentu menggunakannya sebagai materi pembelajaran yang harus dipahami informasinya. Materi ini dapat digunakan untuk mencegah terjadinya tindakan pelecehan seksual dan lain sebagainya.  Sedangkan, dampak yang negatif melahirkan tindakan yang merugikan banyak individu. Contohnya dapat menimbulkan tindakan yang tidak diinginkan seperti pemerkosaan dan hubungan di luar nikah. Hal ini sangat merugikan pihak-pihak yang terlibat di dalamnya. Tidak seharusnya pihak tersebut melakukan hal yang tidak terpuji ini, karena akan merugikan diri sendiri, orang lain, bahkan negara tercinta.
            Ketergantungan menggunakan handphone sudah dirasakan semua individu. Dalam putaran waktu demi waktu handphone sangat dilibatkan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Mulai dari bangun pagi, beberapa individu memanfaatkan aplikasi alarm yang ada pada handphone untuk bangun. Suara alarm yang keras membantu kita terbangun dari tidur. Individu tidak hanya dapat berkomunikasi menggunakan aplikasi pesan singkat atau telepon, melainkan dapat menggunakan aplikasi-aplikasi seperti Whats App, Line, Facebook, Path, Twitter, dan Instagram. Kecanggihan aplikasi-aplikasi ini mempermudah komunikasi antarindividu.
Individu tertentu semakin senang dan asyik dalam menggunakan handphone. Keasyikan ini menimbulkan pengaruh lainnya. Misalnya, ketika sedang berkumpul bersama teman-teman kelompok terdapat individu yang asyik dengan handphonenya sendiri. Efek sampingnya, individu tersebut mengabaikan teman-teman kelompoknya. Kasus lainnya, ketika berkumpul dalam kelompok, semua individu dalam kelompok tersebut sibuk dengan handphonenya masing-masing. Apakah individu dalam kelompok tersebut dapat berdinamika dalam kelompok? Ada dua kemungkinan jawaban atas pertanyaan ini. Pertama, individu dalam kelompok tersebut dapat berdinamika bersama karena mereka harus mencari referensi atas persoalan secara bersama dengan menggunakan handphone. Ketika sudah menemukan penyelesaian masalah, individu ini dapat kembali fokus dalam kelompok. Kedua, mereka tidak dapat berdinamika dalam kelompok. Pembahasan yang berbeda pada waktu yang sama menjadi kunci permasalahannya. Dari kedua jawaban, perlu kesepakatan dalam kelompok sehingga penggunaan handphone ketika sedang berkumpul dalam kelompok bermanfaat sesuai waktu dan tempat.

Mengembangkan Aplikasi
Dalam dunia pendidikan, khususnya lingkungan sekolah, bimbingan seorang pendidik menjadi salah satu acuan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Tidak dapat dipungkiri dengan karakteristik peserta didik yang berbeda-beda, pendidik dapat mengalami kesulitan dalam memberikan materi pembelajaran. Pendidik ditantang untuk membuat rancangan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik. Pada era generasi net ini, peserta didik lebih menyukai pembelajaran yang menyenangkan, bersifat aplikatif dan memanfaatkan media yang ada. Hal ini saya coba buktikan melalui tugas mata kuliah Kapita Selekta Pendidikan Matematika dengan penelitian di SMP Pangudi Luhur Moyudan bersama teman kelompok. Peserta didik dituntut untuk mampu mengeksplorasi fenomena kontekstual dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran berlangsung di luar kelas. Peserta didik membuat video mengenai fenomena kontekstual dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan materi pembelajaran. Peserta didik sangat antusias dalam mengikuti pembelajaran. Media pembelajaran yang kami siapkan seperti handphone dan kamera digital berguna secara maksimal. 
            Hidup dalam era digital ini penuh tantangan. Menjadi seorang mahasiswa harus dapat menerima dan menjalankan tantangan ini. Tantangan ini bukan suatu hambatan melainkan kesempatan dalam menjalani perkuliahan. Langkah-langkah yang diambil perlu menyesuaikan kebutuhan dalam perkuliahan dan aktivitas lainnya. Begitu pula dalam menggunakan handphone. Handphone perlu digunakan sebagaimana mestinya. Selain mempermudah komunikasi, mahasiswa juga dapat menggunakan handphone sebagai bahan referensi untuk mencari materi pembelajaran. Dengan demikian, dengan menggunakan handphone mahasiswa tidak terpengaruh oleh aplikasi-aplikasi di dalamnya, melainkan dapat mempengaruhi, menggunakan, memanfaatkan bahkan mengembangkan aplikasi tersebut dengan cara yang cerdas dan humanis.   


Artikel ini dibukukan dengan judul "Mendidik Generasi Net" dengan Editor Patrisius Mutiara Andalas, SJ. Buku ini diterbitkan sebagai kado dalam rangka Dies Natalis Universitas Sanata Dharma ke- 61. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berkelana di Belantara Filsafat

Refleksi PPL